Analisis PINSAR: Cerita PANIK

Pengunjung Ardhi Borneo Gemilang yang setia, mulai hari ini kami akan menyajikan setiap hasil analisa dari PINSAR. PINSAR Unggas Nasional merupakan asosiasi peternak unggas terbesar di Indonesia. Sebagai organisasi yang memperjuangkan kepentingan peternak unggas nasional, secara fungsional PINSAR Unggas Nasional juga sebagai Pusat Informasi Pemasaran Hasil Unggas Nasional. Organisasi ini didirikan pada tanggal 23 Maret 1990 dan kemudian diresmikan pada tanggal 10 Juni 1990 oleh Ir. Wardoyo yang menjabat sebagai Menteri Pertanian pada saat itu.
Tujuan dari pembentukan PINSAR Unggas Nasional pada saat itu adalah untuk membantu peternak mengantisipasi kondisi harga produk perunggasan yang sedang bergejolak tak tentu arah. Suatu kondisi yang sangat tidak mendukung perkembangan industri perunggasan. Sejak saat itu, PINSAR Unggas Nasional telah berkali-kali turut aktif dalam rangka stabilisasi harga produk unggas yang kondusif bagi perkembangan usaha.


Saat ini ada 400 narasumber PINSAR Unggas Nasional di 45 kota di Indonesia sebagai penyedia informasi harga harian dan situasi pasar lokal. Informasi yang mereka dapat di lapangan dipantau setiap hari oleh para staf PINSAR Unggas Nasional dari Jakarta melalui telepon. Cara pengumpulan data seperti ini selama ini cukup baik untuk mengetahui perkembangan harga dan pasar hasil unggas di seluruh wilayah nusantara.
Hingga kini PINSAR Unggas Daerah dan wilayah yang terbentuk terdapat di 200 kota dan 19 propinsi Indonesia. Pengurus PINSAR Unggas Nasional saat ini terus bekerja keras untuk dapat membentuk PINSAR Unggas Daerah di setiap propinsi supaya sistem pengumpulan dan pengolahan data dapat lebih representatif dan akurat.

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Analisis PINSAR edisi Selasa, 18 April 2012
Selamat Pagi Peternak Ayam Broiler

TOPIK:
Cerita PANIK

Saya pernah menonton satu iklan di bioskop tentang edukasi dari Dinas Pemadam Kebakaran di Singapura untuk penonton.

Cerita iklannya sebagai berikut:
Satu ruangan bioskop dengan 200-an kursi dan hanya satu pintu masuk/keluar. Sedang diputar film action yang seru, tapi di tengah pertunjukan, tiba-tiba listrik padam dan penonton berseru, “Uuuuuh”, dengan nada kecewa, kemudian hening dalam gelap gulita. Lampu emergency hanya menyala di atas pintu keluar EXIT. Entah dari mana dan siapa yang pertama teriak, “Kebakaran kali ya??”  Yang lain menanggapi, “Hah !? Kebakaran?? Terus ada yang menyahuti lagi, “Wah kebakaran!!!” Akhirnya dalam hitungan tidak sampai 1 menit teriak “Kebakaran!” membahana dan semua panik, berdiri, lari menuju lampu satu-satunya di pintu EXIT yang kecil, 200-an orang saling mendorong berebut saling berusaha keluar duluan, saling sikut dan injak. Di iklannya tiba-tiba ada yg ber”suit” memberi komando untuk berbaris keluar satu per satu seperti hal saat masuk ke ruangan, sehingga semua bisa keluar dengan aman dan selamat.

Kami mencoba menganalogikan cerita PANIK di atas untuk menjelaskan fenomena jatuhnya harga ayam hidup di Jabotabek-Banten-Jabar seminggu terakhir ini. Ke-PANIK-an terjadi akibat beberapa tempat ada kejadian:
1. Ayam sakit,
2. Kemudian ada ayam yang terlambat pertumbuhannya,
3. Adanya ayam kiriman ke pangkalan dari luar daerah dan dijual dengan harga lebih murah.

Kesimpulan Dan Saran:
1. Mari semua pelaku duduk tenang dan menganalisa membaca parameter apakah ada ayam berlebih?? Ayam di atas 1,6 kg atau 2 kg yang numpuk tidak terjual??? Ternyata tidak over supply.
2. Untuk meyakinkan pasar sangat diperlukan meeting besar para pimpinan perunggasan segera!

Mari berikan kritik/saran mempertajam analisis ini.
Banyak parameter lain lagi yang mempengaruhi harga ayam hidup karena sifat produk dan karakteristik pasarnya. PINSAR akan mencoba berturut-turut mendiskusikannya bersama pada sesi berikutnya.

(PINSAR milik semua PETERNAK, untuk semua PETERNAK)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Analisis PINSAR, Ayam Broiler and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Analisis PINSAR: Cerita PANIK

  1. thefightbetting says:

    arboge.com is excellent, good work!
    Regards Price Harrison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

39 − 35 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>