Analisis PINSAR: Prediksi Harga Ayam Pada Minggu Ke-3 Nopember 2012

Analisis PINSAR edisi Jumat, 10 Nopember 2012
Selamat Malam Peternak Ayam Broiler

TOPIK:
Tahukah Kita Berapa Posisi Suplai DOC (Chick-In) Saat Ini dan Bulan Lalu?

Poin diskusi:
1. Harga DOC murah sudah berlangsung 2 bulan, pihak breeding melakukan banyak hal  berupa penurunan produksi DOC dengan berbagai cara. Sejak minggu ke-3 Oktober (15-19 Oktober) sampai saat ini terjadi pengurangan produksi DOC secara ekstrim. Beberapa breeding bahkan melaporkan penurunan sampai 50%. Rata-rata semua breeding melaporkan pengurangan produksi 5-50% DOC.

2. Bandingkan jumlah DOC yang beredar pada 24-28 September, 1-5 Oktober dan 8-12 Oktober. Terhadap jumlah DOC yang beredar di 15-19 Oktober sampai saat ini terjadi penurunan produksi yang besar sekali karena beberapa hal (coba masing-masing mencari bukti keakuratan data ini).

3. Kalau terjadi penurunan produksi DOC berarti jumlah ayam besar panennya juga akan turun minimal sebesar pemotongan produksi DOC. Nah siap-siap menaikan harga ayam besar.

Hal yang teramati:
Walaupun DOC sudah dipotong banyak sejak 15 Oktober, pengaruh terhadap harga ayam baru akan terasa saat panen minggu depan. Harga ayam hidup akan naik. Ayam yang panen minggu ini, chick-in nya 4-5 minggu yang lalu.

Kesimpulannya:

  1. Harga ayam hidup hari ini ditentukan ketersediaan dan permintaan ayam hidup hari ini (artinya posisi suplai DOC sebulan lalu).
  2. Chick-in hari ini, panen ayam sekitar sebulan lagi. Amati dengan teliti.
  3. Suplai ayam besar turun, saatnya menaikkan harga jual ayam besar.
  4. Tetap pertahankan pemangkasan/penurunan produksi DOC yang sudah dilakukan sejak Oktober, lakukan sampai akhir Desember 2012

Banyak parameter lain yang mempengaruhi harga ayam hidup karena sifat produk dan karakteristik pasarnya. PINSAR akan mencoba berturut-turut mendiskusikan bersama pada sesi berikutnya.

(PINSAR milik semua PETERNAK untuk semua PETERNAK)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Analisis PINSAR, Ayam Broiler and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

44 − = 40

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>