Ardhi Borneo Gemilang

Go Environmentally Friendly Farming !

Berapa Banyak Ayam Broiler Berlebih Saat Ini? Kapan Harga Akan Pulih?

Harga ayam turunAnalisis Gejolak Penurunan Harga Ayam Broiler

1. 4-10 Juli 2016: tetasan DOC ternyata realisasinya 70-75%, sebagian HE dijual/CSR (15-20%), sehingga perkiraan sisa DOC berlebih hanya sekitar 10% setara sekitar 5 juta ekor DOC secara nasional (3.25 juta di pulau Jawa), ini menggambarkan kenapa harga ayam broiler yang chick-in lebaran harga panennya tidak mencapai puncak seperti tahun 2015.

2. 11-17 Juli 2016: tetasan DOC 100%, panen ayam awal Agustus sampai pertengahan Agustus 2016 banyak yang panen ayam kecil. Makanya realisasi harga ayam kecil tidak terlalu bagus.

3. 18-24 Juli 2016: tetasan DOC normal lagi. Ayam besarnya panen saat ini. Ayam berlebih terlihat di akhir minggu ini di beberapa PT besar, ada dorongan dari ayam minggu sebelumnya sejak minggu lalu.

Kalau membaca data di atas, sebenarnya kelebihan ayam besar hanya di PT tertentu, dan jumlahnya tidaklah sebesar tahun lalu. Saat ini adalah ujung badai harga ayam broiler dengan titik pusat badai di Jawa Tengah.

Kesimpulan:
1. Demand bulan Besar (setelah bulan Apit) mulai Senin, 29 Agustus 2016 dan awal bulan September 2016 akan ada kenaikan.

2. Peran pemerintah menolong peternak rakyat kecil dalam memimpin menghilangkan panic-selling sangat penting, karena stok berlebih 90% ada di tangan PT besar seperti Pokphand, Sierad, Cibadak, PKP dkk.

3. Beberapa breeding besar turun produksi DOC sejak 5 minggu terakhir, kejadian penyakit ikut menurunkan produksi DOC, sehingga harga DOC tetap mahal. Otomatis panen mulai minggu depan (29 Agustus-3 September 2016) jumlahnya akan menurun.

4. Keseimbangan stok ayam besar akan tercapai di minggu depan mulai 29 Agustus 2016, harga ayam hidup bertahap akan pulih kembali, dengan catatan, panik hilang dan semua PT besar tidak saling perang harga lagi, terutama di Jawa Tengah.

Analisis ini sangat dangkal dan pasti banyak kelemahan. Mohon masukan para pembaca, koreksi sekecil apapun atas analisis ini akan sangat berharga dan membuat analisis ini menjadi lebih akurat.

Ardhi Borneo Gemilang © 2017