Cacahan Batang Pisang Untuk Unggas

Berbagai alternatif penyediaan pakan dilakukan sebagian peternak unggas untuk menyiasati fluktuasi harga pakan dan harga jual ternak kaitannya dengan FCR (Feed Convertion Ratio). Peternak yang profesional tentu saja benar-benar memperhatikan persoalan FCR ini karena di situlah letak keberhasilan usaha budidaya ternaknya.

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman seputar pemanfaatan cacahan batang pisang sebagai pakan selingan alternatif buat unggas.

 

Pisang adalah kata yang begitu akrab di telinga kita dengan segudang manfaat. Seluruh bagian dari pisang mulai dari daun, jantung (ontong), buah, bonggol, kulit sampai dengan batang pohonnya bisa dimanfaatkan. Khusus untuk batang pisang, pemanfaatannya telah lumayan dikenal di kalangan peternak ruminansia (sapi, kambing dsb). Namun pemanfaatan untuk unggas apakah bisa?

Batang pisang ternyata kaya akan kandungan glukosa dan selulosa namun rendah kadar ligninnya*. Ini menarik karena glukosa, suatu gula monosakarida, adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan. Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi**. Sementara itu, lignin adalah suatu bentuk serat yang dalam jumlah kecil dibutuhkan ternak untuk membantu pencernaan. Kandungan lignin pada pakan ternak sangat berpengaruh pada kemudahan pakan itu untuk dicerna. Pakan yang rendah kandungan ligninnya mudah dicerna oleh binatang. Tapi, kalau pakan yang diberikan terlalu banyak kandungan ligninnya, ternak bisa ‘mencret’ ***.

 

Fakta ilmiah sedemikian sudah cukup sebagai dalil atas kenyataan praktek yang penulis lakukan pada ternak unggas meskipun dulu hanya berdasar ‘katanya’. Kami memberikan cacahan batang pisang ke ternak ayam broiler saat itu (di Kalimantan Selatan) dengan alasan untuk mendinginkan badan ayam akibat suhu udara yang ekstrim panas (dekat garis katulistiwa). Batang pisang dicacah halus lalu diberikan ke ayam saat ayam berumur 23 hari, 27 hari, 30 hari, dan 33 hari di tempat pakan bagian luar saja. Sore harinya diminumi air yang dicampur VITERPAN Unggas seperti biasanya.

Hasilnya sangat bagus karena ayam tampak lebih tenang meski suhu sangat panas memanggang di siang hari. Dan, pakan lumayan hemat karena sebagian ruang di tembolok dan perut ayam terisi cacahan batang pisang yang tidak usah beli. Efek kenyang tetap tampak dan yang penting, pemenuhan unsur gizi tetap terjaga terutama kalori yang diperoleh dari kandungan glukosa dalam cacahan batang pisang tersebut. Grafik penambahan bobot bahkan maju 1 hari dari baku standar budidaya. Menarik sekali. Satu hal lagi, kematian ayam di atas umur 25 hari amatlah ditakutkan peternak karena ayam yang mati berarti membuang pakan dalam jumlah cukup besar dan itu lampu kuning buat FCR dan Index Prestasi keseluruhan. Ayam kami, memang ada yang mati juga pada fase itu (namanya ajal siapa yang bisa ngatur kalau bukan Yang Maha Kuasa), tingkat kematiannya hanya 1-2 ekor dan itu hanya persoalan kompetisi ruang dan pakan. Tentu yang besar yang menang, yang kecil dan agak lemah, ya kalah. Toh hasil akhir mortalitas hanya 3%, masih sangat bisa ditoleransi tentunya.

Barangkali artikel ini bisa menjadi suatu pencerahan bagi peternak unggas mandiri ataupun kemitraan.

*(sumber http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/lap_akhir_litsar_dian_dkk.pdf)
**(sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Glukosa)
***(sumber http://isroi.wordpress.com/2010/10/19/lignin-pendahuluan/)
 

Info mengenai VITERPAN Unggas, klik di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Solusi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Cacahan Batang Pisang Untuk Unggas

  1. suparyono says:

    gedebok yg digiling halus bagus untuk campuran pakan unggas,,sampai 40%,.saya sudah coba sampai saat ini..

  2. Aldi sungkar says:

    kalo di berikan tiap siang untuk bebek bagaimna pak ?

    • konsultan says:

      Cacahan batang pisang bisa kapan saja dihidangkan ke ternak unggas kita. Cukup sedikit saja dalam arti sekali pemberian bisa langsung dihabiskan.

  3. fika atria says:

    pak apakah batang pisang yang dicacah tersebut memiliki unsur N yang tinggi?????

    • konsultan says:

      Cacahan batang pisang mengandung unsur P yang cukup tinggi. Unsur N nya rendah. Ciri-ciri tanaman yang mengandung unsur N tinggi adalah baunya sangat tajam seperti tanaman glirecede dan orok-orok.

  4. Dian says:

    cranya gmana,apa hrus d jemur dhulu pa tidak?

    • konsultan says:

      Tidak perlu dijemur. Setelah cacahan batang pisang siap, langsung saja dihidangkan.

  5. soleh says:

    buat ayam pedaing broiler atw ayam apa. saya ternak ayam broiler….

  6. tian says:

    kl pohon pisang digunakan utk selingan makanan bebek petelur,apa akan berpengaruh turunnya prod telur pak?tks

    • konsultan says:

      Pengaruh negatif tidak ada sebagai selingan katakan seminggu sekali. Silakan dicoba.

  7. deri irawan says:

    menurut anda apakah gedebok pisang juga bisa digunakan unutuk pakan ternak ikan lele

    • konsultan says:

      Menjadi pakan tidak, tetapi menjadi media pendukung perkembangan mikroorganisme ralam rantai makanan lele ya. Silakan dipasang di dasar kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

33 − = 23

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>