Harapan Baru Peternak Ayam Broiler Bandung

Penghujung tahun 2010 sampai dengan awal 2011 ini menjadi periode yang cukup mencekam bagi para peternak ayam khususnya ayam broiler.  Cuaca ekstrim menjadikan usaha ini cukup sulit. Peternak harus bekerja ekstra menjaga suhu kandang, menaik-turunkan tirai, mengganti sekam yang lembab meski tidak basah, lebih sering menyemprot disinfektan karena penyakit pernapasan pada ayam semakin sering terjadi akibat ayam kedinginan dan sebagainya.

Hal inipun dialami Agung Supriadi, peternak ayam broiler yang tinggal di Margahayu Raya Bandung. Dua mingggu sebelum chick-in periode itu, persisnya di awal Desember 2010, ia mulai sibuk memikirkan langkah-langkah antisipasi dampak cuaca ekstrim pada ayam-ayamnya nanti. Mulai dari membaca literatur, konsultasi sampai dengan menjelajahi berbagai informasi peternakan di internet. Peternak mitra CV. Anjawani ini suatu ketika landing di blog kita ini. Penelusuran info dan artikel, pemutaran video dan menganalisa teknologi yang ditawarkan menggerakkan Agung untuk menghubungi pengelola Ardhi Borneo Gemilang via handphone.

Singkat cerita, meski sebenarnya tidak singkat karena proses telpon menelpon berlangsung beberapa kali selama beberapa hari, sampailah keputusan Agung untuk menjajal teknologi ini. Ia memesan 1 dos VITERPAN Khusus Unggas agar dikirimkan ke Bandung.

 

Dasar ketertarikannya pada VITERPAN Khusus Unggas adalah kandungannya yang kaya dengan probiotik, vitamin dan ekstrak jamu-jamuan dikemas praktis dalam satu formula siap pakai. Harganya murah dan sangat bersahabat buat kantong peternak. Layanan yang cepat tanggap dari pengelola Ardhi Borneo Gemilang plus jawaban-jawaban yang dinilai cukup memuaskan membulatkan tekad peternak ayam dari Bandung ini untuk membeli meskipun jangankan pernah bertemu, dengar suaranya saja baru kali ini.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Agung, kami berkesimpulan bahwa peternak yang satu ini cukup teachable dan semangat belajarnya tinggi. Tak tanggung-tanggung kami sodori dia dengan seperangkat tips dan trik agar usaha ternaknya mencapai hasil yang diharapkan.

DOC masuk tanggal 17 Desember 2010 sebanyak 6500 ekor. Agung hampir tiap 2 hari menelpon kami dan menceritakan progres ayamnya. Hal pertama yang dilaporkannya adalah ayam makan dan minumnya begitu lahap. Meski demikian kotorannya tidak banyak, lebih kering dan baunya kurang dari biasanya. Di umur belasan pasca vaksinasi kedua ada hal yang sangat membesarkan hati Agung, setelah kami minta dia untuk mengambil sampling timbangan bobot ayam rata-rata setiap 2 hari sekali, yaitu bobot rata-rata ayam maju 2 hari. Maksudnya bobot yang seharusnya baru dicapai pada umur 19 hari, ternyata sudah tercapai pada umur 17 hari. Otomatis FCR sangat bagus. Bayangkan hemat pakan 2 hari untuk mencapai bobot yang sama.

Mortalitas rendah karena diamati daya tahan ayam meningkat lebih baik.

Memasuki minggu ke-3, perkembangan ayam sangat menggembirakan dengan laju penambahan bobot mantap. Ada pelambanan grafik penambahan bobot, jujur dilaporkan Agung, namun masih lebih maju 1 hari. Umur 28-29 hari dilakukan penjarangan yang diputuskan oleh petugas TS perusahaan inti karena ayamnya begitu gemuk-gemuk sehingga kandang terlihat sesak padat.

Perkembangan ini membuat kami terpikir untuk mendokumentasikan peternakan Agung Supriadi. Kami ingin mengabadikan proses panennya nanti. Kami mengatur jadwal dan Agung terdengar gembira menyambut rencana kunjungan kami. Namun ada perkembangan terakhir yang mengagetkan. Rencana panen total umur 34-35 hari harus dipercepat umur 31-32-33 hari karena ada beberapa ekor ayam yang terdeteksi terkena gejala snot (cekres kata peternak di sana). Hampir rata kandang-kandang di wilayah itu terkena wabah ini. Lagi pula lokasi kandang Agung ada di dekat jalan utama perlintasan kendaraan pengangkut ayam dari kandang tetangga. Agung sigap mengambil keputusan untuk mengajukan panen ke kantor perusahaan yang akhirnya disetujui. Perusahaan mempertimbangkan untuk menjaga momentum yang sudah baik ini. Kami pun meminta Agung Supriadi untuk mengambil beberapa gambar saat panen dan mengirimkannya ke kami via e-mail. Terima kasih atas kerjasamanya.

Herannya, kata Agung, meski ada gejala terkena sakit laju penambahan bobot masih terjadi. Juru timbang perusahaan sampai heran setengah takjub katanya. Biasanya jangankan tambah bobot, bertahan saja sulit. Malah ini masih mau naik 3-4 ons. Tersenyum Agung menunjukkan botol VITERPAN Khusus Unggas yang selama periode ini dipakainya.

Alhamdulillah, 3 hari kemudian setelah panen usai CV. Anjawani memanggil Agung untuk menerima RHPP (Rekapitulasi Hasil Panen Peternak) sekaligus menerima uang bagi hasilnya.

Menyaksikan hasil panen ayamnya setelah memakai produk ini, kami bertanya kepada Agung apakah selanjutnya masih akan memakai VITERPAN Khusus Unggas? Jawabnya cepat ,” Tentu saja, Pak !”

Selamat Pak Agung. Semoga ilmu ini bisa diteladani peternak lain khususnya di Bandung yang banyak mengalami kerugian. Saatnya bangkit dengan VITERPAN Khusus Unggas. InsyaAlloh.

Bagi pembaca yang ingin berkorepondensi langsung dengan peternak kita ini, atas seizin beliau, silakan menghubungi: Agung Supriadi 081221867850.

Untuk info tentang VITERPAN Khusus Unggas, klik di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Kisah Nyata and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Harapan Baru Peternak Ayam Broiler Bandung

  1. encep says:

    asalamualaikaum
    nama saya asep
    saya baru menjalankan bisnis nie
    saya butuh ayam siap panen buat mengirim ke client saya
    bisa bantu saya pak
    ni no saya
    087800067001

  2. inge says:

    Dear admin,
    mau tanya apakah ada peternakan ayam boiler yang berada di sekitar jakarta?
    saya butuh no contact dan alamatnya untuk beberapa referensi mungkin sekitar 3-5 peternakan ayam boiler untuk kebutuhan bisnis makanan saya.

  3. Anzilni Khairul says:

    Assalamu\’alaikum
    Pak saya ingin membeli telur broilernya untuk dijadikan penelitian mesin penetas telur yang saya buat.Boleh di beli telurnya?Per butirnya berapa?Minta alamatnya juga pak.

    • admin says:

      Kami tidak menjual telur, mas. Kami memberi informasi harga telur dan harga ayam di dunia maya guna membantu para peternak dan pelaku usaha peternakan.

  4. Budi says:

    Bpk Faisal,sy berencana ingin menjadi peternak mitra ayam pedaging,,,,untuk langkah awal saya ingin magang dulu di peternak yang sudah maju,agar utk meminimalkan kegagalan….mohon bapak bisa bantu saya untuk rekomendasi peternak yang ada di Bandung yang menerima untuk berbagi ilmu kepada saya dgn kata lain untuk bisa saya magang di tempatnya.
    Terimakasih atas perhatiannya.

    • admin says:

      Pak Budi di Bandung, silakan menghubungi Pak Imam Budi Imam Santoso yang alamatnya ada di JARINGAN AGEN. Beliau adalah manajer Bumi Mas Farm sekaligus agen kami di Cianjur. Kantornya ada di dekat Hegarmanah.

  5. Hallo pak…saya tertarik dan berniat ternak ayam potong..kira2 dengan modal 100jt brp ribu ekor saya bisa pelihara..? Bisa untung brp kalo mortalitasnya 5persen dlm satu kali panen?..saya sendiri seorang pelaut awam dipeternakan..kiranya ada no konsultan yg bisa bimbing saya mohon email..saya domisili dibandung timur..trims atas infonya.

  6. Nanang prayoga says:

    salam kenal bos….kalo ada info panen tolong kabari saya di 081281794500…saya Nanang,saya tinggal di jakarta.

    • admin says:

      Pengumuman buat para peternak di Jabodetabek, ini ada Pak Nanang Prayoga yang siap menampung panen Anda sekalian. Silakan hubungi beliau langsung via handphonenya untuk tawar menawar.

  7. hikam says:

    salam kenal pa faishal saya seorang lulusan ipb sementara ini saya tinggal digarut adakah lowongan pekerjaan di farm wilayah bandung, jika sedang ada mohon info nya pa… terimakasih. (085695074314, hikam)

  8. Lucky says:

    Siang,
    salam kenal, saya lucky dari bandung, posisi kandang di daerah majalaya bandung. Pak faisal existing saya mitra dengan salah satu PT di bandung.

    Apakah punya info mitra2 PT di bandung yg performansinya bagus (menguntungkan peternak) ?, mudah2 pak faisal bisa ngasih info.

    Dari artikel diatas sy tertarik banget dengan produknya pak faisal. itu harga nya brp ya..?.

    Terimakasih banyak..

    • konsultan says:

      Terima kasih atas tanggapannya, P Lucky. Mengenai perusahaan kemitraan di Bandung, silakan menghubungi P Agung Supriyadi, Jl. Merkuri Selatan VII/No. 7 Margahayu Raya, Bandung. HP: 081221867850. Mungkin kenal? Mengenai harga Viterpan Khusus Unggas, saya infokan via e-mail.

  9. Anna says:

    Selamat Sore Pak..

    Apakah bisa saya langsung menghubungi Bpk. Agung Supriadi? Alamat lengkap peternakan ayam Bpk. Agung Supriadi ini dimana ya? Saya rencana akan berkunjung langsung karena ada tugas dari dosen, terima kasih pak..

    • konsultan says:

      Silakan, Miss Anna. ini alamat Pak Agung Supriadi, Jl. Merkuri Selatan VII/No. 7 Margahayu Raya, Bandung

  10. anis says:

    assalamualaikum..
    salam kenal..
    pak, saya anis. bapak saya adalah seorang peternak yang sering mengalami kerugian. sebagai seorang anak tentu saya ngin membantu dalam mensukseskan bsnisnya. saya minta tips dari bapak agar ternak bapak saya bisa sukses seperti bapak…
    trmakasih

    • konsultan says:

      Sdr. Anis, salut atas kepeduliannya terhadap usaha orang tua.
      Untuk bisa menemukan solusi atas belum berhasilnya usaha ternak milik
      Sdr. Anis perlulah kiranya kita temukan titik persoalan yang mungkin
      menjadi sebabnya.
      Untuk itu sudilah dengan agak panjang lebar dijawab beberapa
      pertanyaan di bawah ini:
      1. Sejak kapan usaha peternakan dijalani?
      2. Berapa kali panen sudah dialami?
      3. Berapa kali untung, berapa kali impas dan berapa kali rugi?
      4. Berapa populasi?
      5. Mandiri atau kemitraan?
      6. Jenis ayamnya apakah COBB, Hubbard, Ross dan berapa bobot awal saat
      DOC baru masuk?
      7. Jenis pakannya?
      8. Peralatan minum manual atau otomatis?
      9. Jumlah alat minum pada saat umur puncak?
      10.Jumlah alat makan pada saat umur puncak?
      11.Sistem pemanas pada saat indukan buatan apakah memakai arang,
      batubara, kayu atau gas?
      12. Vaksin apa saja yang diberikan dan pada umur berapa?
      13.Antibiotik apa saja yang diberikan dan caranya bagaimana?
      14.Saat rugi, berapa persen tingkat kematiannya?
      15.Gejala apa yang teramati saat ayam banyak yang mati?
      16.Rugi disebabkan target bobot tak tercapai atau harga yang terlalu rendah?
      17.Bagamana program sanitasi kandang dijalankan?

      Silakan dijawab dan kalau ada hal lain yang perlu dijelaskan, jangan sungkan untuk menceritakannya.

  11. Robi Hasbullah says:

    pa saya robi,berminat untuk ternak ayam broiler, selain di missouri dimana lagi tempat untuk membeli DOC di daerah bandung..?

  12. dony v says:

    saya peternak daerah malang. paling sedikit ambil brp pak..
    tlg info hrg..

    • sales says:

      Satu dos ( untuk Viterpan, Promix dan Ragi Tape Jerami), 1 jerigen untuk Protexol pak.

    • sales says:

      Berapa jumlah paling sedikit sebenarnya terserah P Dony, tapi untuk efisiensi ongkos kirim saya anjurkan minimal pesan 1 dos

  13. Mel says:

    Pak ardhi sy mau pesan viterpan unggasnya dimana Dan nomor berapa yg bs saya hubungi? Mhn infonya Dan berikut nomor HP saya. 081510398288 trk.

    • sales says:

      Untuk mendapatkan Viterpan Unggas, silakan hubungi 085746439700.
      Harga sudah kami kirim via e-mail.
      Terima kasih. Kami tunggu beritanya.

  14. rossa says:

    Selamat malam Pak,

    saya rossa mahasiswa ITB, saat ini saya sedang melakukan penelitian yang mengharuskan saya untuk bekerjasama dengan peternakan ayam berukuran kecil , yaitu sekitar 100-200 ekor, sehingga biasanya merupakan peternakan ayam mandiri.

    Kami membutuhkan tempat yang kecil karena, kami hendak memasang suatu alat yang kami rancang, tetapi tidak memadai jika ditempatkan pada peternakan yang besar.

    Jika bapak mengetahui alamat atau nomor telpon mengenai peternakan ayam kecil yang ada di sekitar bandung, harap beritahu saya ya pak. Terimakasih banyak sebelumnya, Pak.. :)

    • konsultan says:

      wass. Wr. Wb.
      Mbak Rossa yang bersemangat, Anda tidak keliru menghubungi kami. Baiklah, beberapa nama dan nomer telpon peternak di sekitar Bandung yang bisa dihubungi kami kirim ke e-mail Anda.

  15. rossa says:

    Asw. pak, saya mahasiswa ITB, saat ini saya ada penelitian yang mengharuskan untuk menjalin kerja sama dengan peternakan ayam. Kami ingin membuat alat yang dapat dipasang di peternakan ayam.

    Barangkali bapak mengetahui, adakah peternakan ayam dengan isi sekitar 100-300 ekor yang ada di sekitar Bandung? Kami butuh peternakan yang kecil (biasanya peternakan mandiri) karena alat ini tidak cukup untuk peternakan yang besar.

    Jika bapak ada info mengenai alamat peternakan ayam kecil yang ada di daerah bandung dan sekitarnya tolong ya pak.. terimakasih banyak :)

  16. agus says:

    Selamat bapak, atas panenen nya yang sangat memuaskan.o…..ya pak saya bisa belajar sama bapak g’k??????????????

    • sales says:

      Terima kasih atas apresiasinya. Silakan kontak lansung dengan Bpk. Agung Supriadi HP: 081221867850

  17. ayama arab78 says:

    thanks, good info….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 93 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>