Ardhi Borneo Gemilang

Go Environmentally Friendly Farming !

Tester Anti Penipuan Kualitas Bekatul Pakan Ternak

JpegBekatul pakan ternak diperoleh dari penggilingan padi yang diolah menjadi beras. Banyaknya bekatul padi yang dihasilkan tergantung pada cara penggilingan. Sebanyak ± 14,4% dedak kasar, ± 26,99% dedak halus, ± 3% bekatul dan ± 1-17% menir dapat dihasilkan dari berat gabah kering.
Dedak dan bekatul padi cukup disenangi ternak. Pemakaian bekatul atau dedak padi dalam ransum ternak umumnya sampai 15% dari campuran konsentrat. Walaupun tidak mengandung zat anti nutrisi, pembatasan perlu dilakukan karena pemakaian dedak padi dalam jumlah besar dapat menyebabkan susahnya pengosongan saluran pencernaan karena sifat pencahar pada dedak.
Tambahan lagi penggunaan bekatul pakan ternak dalam jumlah besar dalam campuran konsentrat dapat memungkinkan ransum tersebut mudah berbau tengik selama dalam penyimpanan.
Salah satu penyebab bau tengik ini berasal dari tingginya kandungan lemak kasar pada bekatul atau dedak sehingga mudah mengalami oksidasi yang menyebabkan ransum cepat tengik.
Secara kualitatif, kualitas dedak padi dapat diuji dengan menggunakan cara :
1. Bulk density atau uji apung. Bulk density dedak padi yang baik adalah 337,2 – 350,7 gram/liter. Makin banyak dedak padi yang mengapung, makin jelek kualitas dedak padi tersebut;
2. Selain itu, uji organoleptik seperti tekstur, rasa, warna, bau;
Bekatul Pakan Ternak3. Uji proksimat, bekatul padi yang berkualitas baik mempunyai protein rata-rata dalam bahan kering adalah 12,4%, lemak 13,6% dan serat kasar 11,6%. Dedak padi menyediakan protein yang lebih berkualitas dibandingkan dengan jagung. Dedak padi kaya akan thiamin dan sangat tinggi akan niasin;
4. Dedak padi sangat rentan untuk mengalami pengoplosan dengan bahan lain seperti sekam giling (SG), serbuk gergaji dan batu dan atau tepung batu kapur oleh penjual bekatul nakal;
5. Uji sekam (flouro-glusinol) dapat dipakai untuk mengetahui kualitas bekatul atau dedak padi yang baik berdasarkan kadar serat kasarnya, mulai 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%;
Tes yang paling umum dilakukan adalah tes kadar serat kasar karena berbiaya murah, hasil tes bisa cepat diketahui hanya dalam waktu 15 – 20 menit. Dengan demikian para peternak tidak bisa ditipu oleh penjual bekatul atau dedak dengan pencampuran sekam giling dan/atau tepung batu kapur.
Bekatul Tester
Kami menyediakan Bekatul Tester seperti tampak dalam foto di bawah ini. Dalam 1 packing isinya:
1. Larutan Phloroglucinol, Ethanol, HCL 2N dan aquadest, 1 botol isi 50 ml, bisa dipakai untuk 25 kali tes;
2. Lembar petunjuk prosedur tes;
3. Petridish gelas;
4. Pipet (alat hisap dan penetes);
5. Foto pembanding hasil tes.
Tester Bekatul Anti Penipuan
Harga Bekatul Tester
1. Harga paket perdana Rp 195.000/pack, pembelian minimum 1 pack, harga belum termasuk ongkos kirim;
2. Pembelian selanjutnya cukup beli refill-nya, Rp 170.000/botol, minimum pembelian 2 botol, harga belum termasuk ongkos kirim.
Ardhi Borneo Gemilang © 2017