Ternak Ayam Kampung Super – Usaha Yang Menjanjikan

Ayam kampung super membuka peluang usaha baru yang sangat sangat menjanjikan karena permintaan daging ayam kampung meningkat dengan signifikan. Kenyataannya budidaya ternak ayam kampung menemui kendala utama yaitu pertumbuhan yang cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan ayam ras pedaging yang mampu panen dalam waktu 40 hari. Dengan adanya teknologi baru, kini hadir ayam kampung super atau ayam jawa super. Ternak ayam kampung super secara nyata lebih menjanjikan karena dalam masa pemeliharaan panen membutuhkan waktu 55 – 60 hari saja.

Masa panen yang cepat pada ternak ayam kampung memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan diantaranya tingkat kematian yang relatif rendah, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan. Ayam kampung super merupakan hasil persilangan terbaru yang melibatkan teknologi pemuliabiakan ternak sehingga diperoleh pertumbuhan yang cepat dan memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam kampung.

Nilai harga jual ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler, harga berkisar antara Rp 19.000 – Rp 23.000 menurut riset pasar selama tahun 2010-2011. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan.

Cara pemeliharaan ayam kampung relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Cocok untuk usaha sampingan bagi yang memiliki pekerjaan utama, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.

Perkandangan

Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.

Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan disinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis disinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.

 

Ukuran kandang : tidak ada ukuran standar kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4 – 8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45 – 55 ekor DOC ayam kampung sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.


Bentuk kandang
 yang dianjurkan adalah bentuk postal dengan lantai yang dilapisi litter (alas) yang terdiri dari campuran sekam, serbuk gergaji dan kapur setebal ± 15 cm. Model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.

Pemeliharaan ayam kampung di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-4 minggu) dan fase finisher (umur 5-8 minggu). Pada fase starter biasanya digunakan kandang bok (dengan pemanas) bisa bok khusus atau juga kandang postal yang diberi pagar. Suhu dalam kandang bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher digunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.

Analisis Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Berikut analisis bisnis ternak ayam kampung super per 100 ekor. Rekomendasi pemeliharaan minimal 200-300 ekor karena tenaga yang digunakan untuk memelihara 100 dan 300 ekor tidak jauh berbeda, jadi alangkah lebih baik langsung 300 ekor agar untung juga bisa lebih terasa.

A. Pengeluaran

No

Keterangan

Harga Satuan

Jumlah Unit

Jumlah

1

Pembelian bibit ayam kampung super Rp 4.200 300 ekor Rp 1.260.000

2

Pakan 0 – 60 hari Rp 255.000 11 zak Rp 2.805.000

3

Vitamin dan vaksinasi Rp 100.000 Rp 150.000

Jumlah

Rp 4.215.000

B. Pemasukan

Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 280 ekor dengan berat rata-rata 0,8 – 1 kg.

Harga ayam terendah adalah Rp 18.000/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2011 terjadi di bulan Januari – Maret). Fluktuasi harga antara Rp 18.000 s.d Rp 23.000 per kilogram (kg).

No

Keterangan

Harga

Jumlah Kiloan

Jumlah

1

Penjualan Ayam Rp 21.000/kg 0.95kg x 280 = 266 kg Rp 5.558.000
Jumlah Rp 5.558.000

Keuntungan

Pemasukan – Pengeluaran

Rp 5.558.000 – Rp.4.215.000
Rp 1.371.000

Data yang kami berikan berdasarkan harga pasar terbaru dan ter-update bulan ini (Januari 2012) di kota Jember, di tempat lain disesuaikan.

Kenaikan harga pakan yang cukup drastis akibat gagalnya panen jagung di sentra penghasil jagung dunia antara lain Brazil dan India sebagai dampak buruknya cuaca selama tahun 2011, mendorong kami untuk menyarankan penggunaan pakan campuran sendiri (self mixing) sehingga harga pakan bisa ditekan sampai dengan 20% per zaknya (50kg). Pakan campuran sendiri isi dibuat hampir sama dengan buatan pabrik namun bahan baku (raw material) kita usahakan sendiri. Penggunaan pakan ini disarankan pada fase finisher (akhir) sampai panen tiba karena pada fase ini jumlah pakan yang dihabiskan cukup banyak dalam pemeliharaan ayam kampung super. Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi sebesar 30% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung pedaging sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung, pakan alternatif seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Yang terpenting dalam menyusun atau memberikan ransum adalah kita tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Jumlah pakan yang diberikan untuk perekor ayam kampung super sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :

  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin + antibiotika.

Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Ayam Kampung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Ternak Ayam Kampung Super – Usaha Yang Menjanjikan

  1. ahmad tri afandi says:

    Assalamulaikum wr wb
    Cara agar betina ayam kampung bertelur nonstop sepanjang hari semau kita, InsyaAllah.
    1. Beli ayam kampong jantan + betina, usahakan si jantan bukan saudara si betina.
    2. Pelihara di kandang / diumbar liar ke pekarangan.
    3. Paksa kedua ayam ( dipaksa makan jamu ) berupa daging siput air / bekicot atau yang berprotein tinggi.
    4. Jika si betina sudah ada tanda-tanda mau bertelur maka buatkan sarang menggunakan jerami kering.
    5. Hari pertama induk bertelur biarkan telurnya tetap di sarang.
    6. Hari kedua si betina akan bertelur lagi, maka ambil 1 telur yang kemarin.
    7. Pada hari ketiga betina akan betelur lagi dan ambil 1 telur yang kemarin.
    8. Pada hari ke empat dan seterusnya lakukan kegiatan seperti point 6 dan 7 di atas.
    9. Jangan lupa memberikan pakan ayam berupa jagung ataupun apalah yang biasa dimakan ayam.
    10. Sediakan tempat minum , jika perlu rebuslah air minum ayam dengan ditambah dengan daun sirih atapun juga daun binahong ( daun sirih dan binahong dapat menekan jumlah bakteri dalam tubuh ayam dan menguatkan system kekebalan pada ayam maupun manusia ).
    11. Triks tersebut sudah saya praktekan, dulu sewaktu masih sekolah si SMK N 1 Blitar. Saya dapat ide dari teman saya dan akhirnya saya berhasil membuat ayam betina saya bertelur sebanyak 31 dengan rincian yang 28 butir saya konsumsi ( heheheh, doyan banget ya, ) dan yang 3 butir saya tetaskan.
    Catatan : si induk akan rajin bertelur jika melihat sarangnya Cuma terisi 1 butir telur, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat, amin. Jika ingin sharing dengan saya bisa SMS atau Telp ke 085706473768 ( im3 ) , wassalamualaikum wr wb. insyaAllah berguna. Ahmad Tri Afandi.

  2. rvanz says:

    bisa gak gan beli lgsg ke tempat,saya deket sekitar jember aja.thx

  3. Novansyah says:

    saya ditinggal di muara enim, mohon bgmn caranya saya bisa mendapatkan doc nya. dan bisa kah ayam ini dicampurkan dengan ayam potong untuk pemeliharaannya. Terima kasih atas informasinya.

  4. alfan jauhari says:

    di mana saya bisa mendapatkan bibit ayam kampung super
    Tolong hubungi di sini 081330290439

  5. mahrus says:

    saya di brebes ingin tahu didaerah saya untuk mendapatkan bibit ayam kampung super dimana tolong kasih tau alamatnya trims

  6. adit says:

    saya mau beli anak ayam super, tapi saya kesulitan untuk mendapatkan ayam tersebut.perlu di ketahui saya tinggal di jakarta, tolong dong kasi tau, terimakasih

  7. ruslan says:

    sy dari buton sultra,mau pesan ni nomr sy (085394065827) …………trims infonya

  8. firman says:

    pengiriman k jawa timur jombang bs pak
    pemesanan brapa ekor

  9. jimmy shandy says:

    mohon maaf sblumnya
    klo boleh ….. mohon info nya
    saya tggal di daerah lamongan jawa timur.
    di mana saya bisa beli bibit ayam kampung super

    trimakasih ……tlong hubungi
    no hp 087848909208

  10. Elzira says:

    i want to congratulate you for your work, it’s great. all the best.

    • admin says:

      Thanks a lot, Elzira. Hope it’s not your last visit to our website. Please tell people from around the globe that Indonesian poultry farmers are waking up, fighting and surviving hand-in-hand with Ardhi Borneo Gemilang. Here we are!

  11. fajar datif says:

    Fajar datif
    saya tinggal di kepulauan riau,BATAM, dimana saya bisa mendapatkan bibit ayam kampung super di pulau batam hub saya , tlp 0852 6596 7593

  12. Ramdani Usep says:

    Untuk daerah Cikarang-Bekasi dimana yang menjual DOC ayam kampung super pak?

    • konsultan says:

      P Ramdani, saya tdk punya info itu. Breeder ayam kampung super ada di Kediri, Jawa Timur dan Yogyakarta. Silakan cari alamatnya di Google.

  13. noomall says:

    wah di jember?? saya dari Timor Leste prnah lama tinggal d jember tapi juju saya baru dengar tentang ayam kampung super di web ini. yg dimaksud super itu masa pemeliharaannya yg cepat ato memang bibitnya yg unggul atau memiliki ras yg besar ya??

    • konsultan says:

      Halo saudara tua..dulu kuliah ya di Jember? Bahasa Indonesianya bagus. Mengenai ayam kampung super, benar semua. Bibitnya unggul dan pertumbuhannya lebih pesat dan cepat dibanding ayam kampung biasa.

  14. imam safiin says:

    bagaimana caranya mendapatkn DOCnya dan berapa harga per ekornya, imam safiin ,wirosari kab grobogan jawa tengah

  15. jafar says:

    saya tinggal di indramayu,,, dimana saya bisa mendapatkan bibit/ doc ayam kampung super dan berapa harga per box nya

  16. sali says:

    salam kenal saya sali, saya mau bertanya apa vitamin ayam yang baik pada umur 1minggu????

    • konsultan says:

      Pak Sali, Saya merekomendasikan Avispro. Silakan dipelajari lebih lanjut di bagian Produk Unggulan.

      Terima kasih atas kunjungannya.

  17. wonk dayak says:

    pak Paisal, bagaimna kalo anak ayam awal pemeliharaan kalo udah makai avispro dan vitervan apa harus di beri vitamin dan antibiotika sentetis sesuai di artikel diatas tsb. ?

  18. bowo says:

    bagai mana cara memperoleh DOC nya?
    domisili saya di wonogiri,surakarta,jawa tengah

    • Aang Sakti says:

      saya pembibit yang menjual DOC ayam kampung asli dan super. Lokasi farm di Yogyakarta. Untuk lebih lanjut silahkan call 085643017729, Avesindo Farm

    • sigit purwanto says:

      saya butuh doc ayam super jawa..low anda pny ,hubungi saya no hp 085718057299

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

92 − 85 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>